review
Review + Pengalaman Pakai Bardi Smart Bulb & Smart IR Remote

Review + Pengalaman Pakai Bardi Smart Bulb & Smart IR Remote

Lampu pintar alias smart bulb makin hadir di tengah-tengah zaman yang menuntut kepraktisan. Gimana nggak? Pekerjaan rutin menyalakan dan mematikan serta mengatur temaram lampu menjadi mudah dan praktis hanya mengandalkan settingan otomatis dari smartphone kita. Wow, apakah kita sebegitu pemalaskah, masa urusan lampu saja harus dibikin otomatis? 

Ya, nggak gitu juga ya.

Manfaat smart bulb sebenarnya ada banyak. Saat kamu membaca halaman ini, tentunya kamu sudah mempertimbangkan untuk beralih ke produk smart lamp dan lagi cari-cari produk yang direkomendasikan. 

Nah, sebagai pengingat, saya jelasin lagi manfaat smart bulb atau smart lamp. Kenapa sih kita sebaiknya invest dengan produk yang IoT banget ini. Simak aja, skuy!

MANFAAT LAMPU SMART BULB

1. Hemat energi

Mengganti bohlam biasa dengan lampu pintar bisa menghemat biaya dan energi listrik.

2. Nyaman dan praktis

Kamu bisa mengatur lampu menyala atau mati secara wireless atau jarak jauh. Lari-lari saklar dari depan rumah hingga ke belakang rumah saat pagi dan sore hari? Udah nggak zaman!

3. Mampu menciptakan scene sesuai yang kamu mau

Kamu bisa atur lampu sesuai suhu udara di sekitar. Sekaligus bikin nyala lampunya sesuai dengan scene yang cold atau warm yang kamu suka.

4. Mengatur mood tiap ruang dengan warna-warna pilihan

Ada pilihan warna-warni yang bisa kamu ganti sesuai mood kamu. Cocok untuk menghidupkan suasana seru saat bikin acara meski di rumah aja.

5. Kegunaannya sangat multifungsi

Bisa dipakai sebagai lampu biasa atau lampu untuk home decor. Lampu putihnya terang sehingga bisa bekerja/belajar dengan pencahayaan yang nyaman. Untuk home decor pun bisa juga. 

Setelah menjajal performanya beberapa hari, saya merekomendasikan Bardi Smart Bulb yang bukan hanya memiliki warna lampu terang untuk dipakai beraktivitas sehari-hari saat WFH. Lampunya itu terang, tapi nggak bikin sakit mata, IMHO.

Trus, di saat tertentu, kita juga bisa atur warna lampu untuk menciptakan mood yang hangat atau dingin, sesuai occasion yang kita mau. Seru banget bisa atur warna-warninya dan mudah diaturnya. Kalau rumahmu sudah dilengkapi smart home, kamu bisa juga gabungkan dengan Google Assistant, Amazon Alexa, atau Apple Siri.

SPESIFIKASI Bardi Smart Light Bulb

  • Model: 9W – RGBWW
  • WiFi: IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz
  • Voltase: AC 200-230 Volt
  • Sistem Support: IOS & Android OS
  • Mounting: e27 Edison Screw (standar Indonesia)
  • Masa Pakai: 50.000 jam
  • Maximum Power: 9W
  • Maximum Lumen: 900
  • Temperatur Putih: 2700-6500 K

Cara pakai Bardi Light Bulb dengan Aplikasi Smart Life

Kemasan Bardi smart bulb terdiri dari panduan instalasi untuk menyambungkan aplikasi Smart Life di smartphone android. Total waktu yang diperlukan dari mulai memasang bohlam hingga siap menyala otomatis sekitar 10-15 menit. Maklum, baru pertama kali punya lampu canggih.

Untuk lebih jelasnya, proses instalasinya sebagai berikut:

1. Download Aplikasi Smart Life – Smart Living

Klik “Install” dan tunggu prosesnya hingga selesai.

2. Buat akun baru

Daftar akun seperti biasa. Selesaikan proses hingga melakukan verifikasi email.

3. Tambahkan perangkat Smart Bulb Baru

Klik “Add Device” untuk menambahkan perangkat baru

4. Pilih Light Source Wi-Fi

Pilih menu Lighting –> Light Source Wi-Fi untuk menambahkan smart bulb Bardi

5. Masukkan detail login Wi-Fi yang kamu pakai

Karena smart bulb Bardi ini menggunakan Wi-Fi untuk pengaturannya, maka kamu harus punya jaringan Wi-Fi yang terjangkau oleh lampu tersebut.

Bila tidak ada, kamu bisa memanfaatkan tethering dari smartphone.

Tenang saja, kamu tidak akan sering membuka kontrol lampu bila dilakukan penjadwalan, kapan menyala dan mati secara otomatis.

6. Pasang Bardi Bulb dan Sesuaikan

Pada langkah ini, pastikan bahwa smart bulb Bardi sudah terpasang.

Saat lampu sudah menyala, tekan saklar untuk menyalakan dan mematikan lampu dengan cepat sebanyak 5 kali (waktu itu saya on/off-kan saklar lebih dari 5 kali). Tunggu hingga bola lampu berkedip cepat.

Bila sudah berkedip cepat, centang Confirm dan tekan Next.

Cara ini juga bisa dipakai untuk reset lampu apabila kamu ganti smartphone atau device.

5. Atur Bardi Bulb

Setelah semua langkah selesai dan berhasil, kamu bisa mengatur lampu smart Bardi dari aplikasi.

Beberapa pengaturan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Menghidupkan dan mematikan lampu
  • Mengatur kecerahan lampu
  • Memilih warna lampu
  • Memilih mode sesuai kondisi ruangan
  • Melakukan penjadwalan agar lampu hidup dan mati secara otomatis.
  • dan sebagainya.

REVIEW Bardi Smart Bulb 9W – RGBWW Setelah Pemakaian selama 2 Minggu

Pengalaman pertama Unboxing Bardi Smart Bulb 

Dilihat dari tampilannya, boks Bardi Smart Bulb dikemas dalam kotak.

Di dalamnya terdapat 1 buah lampu yang nampak seperti bohlam LED biasa. Namun jangan salah, ketika bagian kaca bohlamnya ditekan, maka bagian tersebut akan terasa lentur. Ini berfungsi agar kaca bohlam tidak pecah ketika jatuh atau terhimpit benda lain.

Selain itu, ada pula lembar manual dan panduan pemasangan secara singkat, disertai dengan QR Code ke tutorial video di Youtube.

Smart Bulb Bardi bisa diintegrasikan ke Google Assistance, Amazon Alexa, dan SmartThings, IOS, dan Android. Ini memungkinkan Bardi smart bulb bisa dikontrol dengan perintah suara. Wow!

Bardi Smart Bulb bisa dibeli di marketplace melalui akun official mereka. Marketplace tersebut antara lain:

  • JD.ID
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Blibli
  • Shopee
  • Dinomarket

Link selengkapnya bisa dilihat di akun official marketplace Bardi disini.

Helpdesk 24jam via WhatsApp dengan service centre di semua kota besar Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Bardi Smart Bulb

Inilah kesan saya saat mencoba produk Bardi Smart Bulb:

Kelebihan Bardi Smart Bulb

1. Harga terjangkau untuk lampu pintar

Surprisingly, untuk lampu pintar Bardi terjangkau dan cocok untuk kamu yang suka barang-barang canggih tetapi irit. 1 buah lampu harganya sekitar Rp 90.000

2. Bisa terhubung lewat wi-fi

Kamu bisa atur lewat smartphone, sangat praktis bila punya lebih dari 1 lampu. dari lampu depan hingga belakang, lampu di lantai atas maupun garasi, semua bisa disa dikontrol dari 1 aplikasi di smartphone kamu.

3. Cahaya putihnya terang, tetapi nggak bikin sakit

Meski harganya tergolong murah untuk lampu pintar, Bardi smart bulb cukup nyaman cahaya putihnya. Nggak silau dan terlalu strong seperti warna lampu lain.

4. Ada beragam tone lampu warna-warni yang bisa dipakai untuk acara spesial

Bagi yang suka eksperimen dengan home decor ruangan, adanya pilihan warna lampu seperti merah, kuning, hijau, ungu, dan lainnya, yang bisa diganti-ganti sesuai selera menjadi fitur andalan yang paling seru. Sayangnya, saya nggak seberapa tertarik dengan fitur ini. 

5. Garansi selama 1 tahun

Garansi lampu berlaku selama 12 bulan atau 1 tahun. Jika ada masalah pada produk Bardi yang kamu beli, cukup hubungi tim customer service Bardi yang akan membantu atasi masalahmu.

6. Instalasinya mudah

Cukup pasang lampu ke fitting, download aplikasi di smartphone. Kemudian sambungkan antara lampu dengan aplikasi untuk membuat otomatisasi lampu berjalan di seluruh rumah.

7. Hemat energi dan biaya listrik

LED secara umum lebih hemat energi dibanding lampu biasa. Secara jangka panjang, LED bisa tahan hingga lebih dari 20.000 jam.

Kekurangan Bardi Smart Bulb

Warna selain putih cenderung temaram

Warna merah, biru, kuning, ungu, dll memang bagus banget untuk dekorasi rumah. Apalagi untuk bikin acara atau pesta terlihat makin semarak. Sayangnya, warna-warna ini cocok untuk hiasan saja, karena tidak terlalu terang.

Kesimpulan

Lampu Bardi ini bisa dibilang terjangkau banget. Jadi cocok untuk kamu yang pengen sedikit-sedikit ingin beralih ke pakai perangkat smart di rumah, tetapi nggak mau kantong jebol. Mengganti lampu rumah dengan lampu pintar ternyata cukup signifikan dampaknya.

Lampu Bardi ini putih terangnya cukup enak, nggak bikin silau. Walaupun untuk warna lainnya menurut saya kurang cerah aja. Tetapi karena saya jarang ada momen fancy, saya pikir cukup pakai warna terangnya aja sudah bagus banget. Untuk pemakaian normal, menurut saya worth it lah. Semoga secepatnya bisa ganti lampu lama dengan lampu pintar juga untuk ditaruh di seluruh ruangan.

Lampu ini cocok untuk:

Smart bulb Bardi nggak hanya bagus untuk rumah pribadi, ya. Malah menurut saya, setiap bangunan yang memiliki banyak ruang perlu beralih ke lampu pintar yang bisa diatur jarak jauh. Misalnya, kampus, pertokoan, gedung-gedung perkantoran, bisa di mana aja sebenarnya.

Manfaatnya jelas sekali. Selain bisa menghemat energi, lampu pintar juga bisa menghemat biaya listrik karena performa lampu tetap hemat dengan nyala yang lebih terang dalam kurun waktu yang lumayan panjang.

Yakin masih mau mikir-mikir lagi buat pakai Bardi Smart Bulb?


Review Bardi IR Remote

Unboxing berikutnya adalah remote pintar dari Bardi Smart Home yang bisa menggantikan remote lama seperti remote AC, heater, dll. Remote IR alias remote dengan pemancar infrared pintar mampu mengatur kapan perangkat menyala atau mati dengan aplikasi selama ada koneksi internet atau Wifi

Remote IR dari Bardi ini menghimpun semua perangkat elektronik menjadi satu kontrol terpusat, sehingga kamu tidak perlu membawa banyak remote kemana-mana. Hebatnya lagi, IR Remote ini bisa diatur melalui Wi-fi, dibuat otomatis dan penjadwalan, cool!

Spesifikasi Bardi IR Remote

  • Model : 10M-BLK
  • Warna : Hitam
  • WIFI : IEEE 802.11 b/g/n 2.4 ghz
  • Voltase : DC 5V 1A w/220V Adaptor
  • System Support : IOS & Android OS
  • Frekuensi Infrared : 38-56KHz
  • Sudut Infrared : 360 derajat
  • Jarak Infrared : 10m
  • Garansi : 1 tahun
  • Price : IDR 159.000

Smart IR Remote

Bardi Smart IR Remote adalah alat yang bisa mengontrol beragam perangkat elektronik seperti AC, heater, dan perangkat elektronik lain yang menggunakan remote infrared. Meskipun kita sedang tidak di rumah.

Smart IR remote dari Bardi didukung oleh Google Assistant, Amazon Alexa, Siri sehingga kamu pun leluasa mengontrol remote melalui aplikasi yang sesuai.

Sesuai namanya, karena IR remote berarti seluruh alat yang memiliki sensor infra merah bisa diatur dengan alat ini. Dan ada banyak sekali perangkat yang memudahkan proses pengontrolan semakin mudah dan efektif. Setelah download aplikasi Bardi smart home dan memasang perangkat IR remote, kamu bisa atur sesukamu hanya dengan menghubungkannya dengan wifi. Sehingga cukup 1 remote saja untuk mengatur semuanya. Sangat efisien bukan?

Dari segi tampilan, Bardi Smart IR Remote terlihat minimalis, ukurannya segenggaman tangan. Warnanya hitam pekat dan glossy. Dilengkapi dengan kabel USB untuk tetap standby sehingga saat ada perintah menyalakan atau mematikan perangkat, remote bisa berfungsi maksimal.

Kelebihan Bardi IR Remote

  • Harga terjangkau
  • Praktis
  • Bisa dikontrol lewat voice assistant
  • Instalasi mudah

Kesimpulan

Manfaat nyata Bardi IR Remote paling berguna banget untuk menyalakan dan mematikan alat. Hal ini sangat membantu untuk jenis-jenis perangkat yang lokasinya agak jauh. Adanya sambungan dengan WiFi sangat membantu kinerja remote lebih praktis untuk perangkat yang tersambung internet. Sementara untuk perangkat yang offline, meski kurang signifikan, lumayan membantu untuk mengontrol alat-alat dengan perintah berbasis voice.

Yang terpenting, dengan pakai remote yang serbaguna ini, kamu nggak perlu bingung lagi jika kehilangan salah satu remote. Satu remote untuk semua! Kurang praktis apa coba?

4 thoughts on “Review + Pengalaman Pakai Bardi Smart Bulb & Smart IR Remote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *