tips tutorial merajut
15 Tusuk Crochet untuk Hasil Rajutan yang Eksklusif dan Elegan (2021)

15 Tusuk Crochet untuk Hasil Rajutan yang Eksklusif dan Elegan (2021)

Postingan ini sudah diupdate Agustus 2021 – Tusuk crochet itu sangat beragam dan jumlahnya tak terhitung lagi. Saking banyaknya kadang kita bisa bingung mau belajar yang mana dulu.

Bagi yang nggak ada ide mau menerapkan tusuk crochet yang mana untuk projek rajutan kali ini, coba intip postingan ini. Semua list ini cocok untuk projek rajutan baik oleh yang udah profesional maupun bagi yang baru belajar merajut.

15 Tusuk Crochet untuk Hasil Rajutan yang Eksklusif dan Elegan

1. Tusuk Kerang Tekstur dari MyPicot

Yang bikin saya suka dari tusuk ini adalah motif kerangnya agak bertekstur. Project yang bisa dibikin dari tusuk kerang ini juga bervariasi. Yuk, lihat cara membuatnya di crochet textured shell stitch di MyPicot.

2. V Stitch dari Mama in a Stitch

Motif V dihasilkan dengan apik dengan tusuk crochet ini. Hasilnya memang agak berongga. Jadi kalau dijadikan motif untuk sweater lumayan semriwing / cocok untuk daerah tropis pokoknya. Selain berongga, kelebihan tusuki in juga bisa diaplikasikan untuk selimut/blanket. Simak caranya di mamainstitch.

3. Block Stitch by Hopeful Honey

Saya nggak tahu apa bahasa Indonesianya untuk block stitch. Tusuk rajutan crochet ini menurut saya sangat keren karena bisa menghasilkan motif yang menarik bila memakai kombinasi warna yang pas. Tusuk rajutan crochet ini menurut saya sangat keren karena bisa menghasilkan motif yang menarik bila memakai kombinasi warna yang pas. Polanya bisa kamu simak di sini Block stitch by Hopeful Honey.

4. Jasmine Stitch by Meladora’s Creation

Tusuk crochet ini terdiri dari 5 puff-stitch yang dirajut membentuk pola bintang atau pola bunga melati. Polanya unik karena tekstur puff stitch membuat tampilan rajutan tak hanya cantik tetapi juga agak gemuk dan berisi. POlanya bisa dilihat di Meladora’s creation jasmine stitch.

5. Iris Stitch by Oui Crochet

Tusuk ini memiliki ciri khas berongga sehingga cocok untuk project rajutan seperti syal, poncho, shawl, tunik, vest, atau gaun. Kenapa? Karena tusuk ini manis dan memberi efek “jatuh” alias flowy. Sehingga pakaian tampak cantik dan elegan. Cek polanya di Oui crochet.

6. Moss Stitch by Moogly

Mau ngerajut agak padat tapi hemat benang? Pakai tusuk moss/granite ini. Saya pernah nyoba bikin tas dengan tusuk rajutan crochet ini. Cuma habis 2 gulung poliester saja untuk tas jalan-jalan… superhemat deh! Cukup berbekal pengetahuan tentang chain dan single crochet saja, kamu sudah bisa praktik motif ini! Yuk, simak cara membuatnya di Moogly Moss Stitch.

7. Cable Stitch Crochet/ Cross Over Stitch by Dedri Uys

Ini motif yang menarik dan cute juga apalagi kalau bisa bermain warna. Polanya bisa dilihat di Cable stitch crochet by lookwhatimade.

8. Window Flower Stitch by Dearest Debi

Motif ini bisa digunanakan untuk berbagai macam proyek rajutan. MUlai dari topi, selimut, pakaian, gaun, sweater, hingga untuk renda/edging. Simak cara membuat motif ini di Dearestdebi.

9. Backpost Single Crochet Stitch by Jessy & Melissa

Teknik membuat tusuk dengan motif dan tekstur seperti gambar di atas adalah dengan membuat variasi sc di bagian stem (batang) sc, bukan di atas stitch-nya. Berikut pola tusuk rajut elegan bpsc dari Jessy & Melissa

10. Tusuk Crochet Aligned Puff Stitch by New Stitch a Day

Tusuk puff stitch divariasikan dengan hdc, ch, sc, dan hdc4tog sehingga menghasilkan tusukan simetris, rapi, dan elegan. Kamu juga bisa melihat videonya untuk belajar lebih detail tentang tusuk aligned puff stitch dari New Stitch a Day.

11. Braided Stitch by CrochetBeja

Tusuk braid stitch terlihat unik skelaigus stylish karena teksturnya yang sempurna untuk berbagai rajutan seperti selimut bayi. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan tusuk ini untuk merajut syal, sarung bantal, hingga sweater hangat. Lihat cara membuatnya di Crochet Braided stitch by crochetbeja.

12. Crocodille Stitch by Twisted Yarn

Tusuk crocodile stitch sempat booming beberapa tahun lalu, tetapi hingga kini masih banyak perajut yang tertaik menjajal tusuk ini karena teksturnya yang unik dan bisa dijadikan beragam projek. MIsalnya untuk membuat home decor, tas rajut, atau apa saja sesuai imajinasi crocheter semua. Keliahtannya ribet, padahal sebenarnya mudah kok cara membuatnya. Yuk, cari tahu bagaimana membuat tusuk ini di sini crocodille stitch.

13. Harlequin Stitch by Jusbcrafty

Ingin tampilan yang manis dan menawan dengan aneka warna benang? Coba dengan harlequin stitch deh. Colorways-nya unik terutama untuk membuat projek besar seperti selimut. Polanya bisa dicek di blog justbcrafty harlequin stitch.

14. Larksfoot Crochet Stitch Pattern by Yarn and Hooks

Larksfoot stitch juga cantik dan elegan jika memakai warna benang yang sesuai. Begini cara membuat Larksfoot crochet stitch by yarnandhooks.

15. Tusuk Crochet Unik Alpine Stitch by Crochetpedia

Terakhir kamu bisa mencoba membuat alpine stitch seperti gambar di atas. Motifnya didominasi fpdc yang diatur dengan pola tertentu menghasilkan tekstur yang berselang-seling, rapi, dan elegan tentunya. Simak cara membuat Pola alpine stitch by crochetpedia ya!

Selamat merajut!

Baca juga: 30 Pola Buket Bunga Rajut Crochet Gratis (update 2021)

Tags :

8 thoughts on “15 Tusuk Crochet untuk Hasil Rajutan yang Eksklusif dan Elegan (2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *