10 Ide dan Tutorial Membuat Buku Flanel Busy Book/ Quiet Book Tanpa Ribet
diy

10 Ide dan Tutorial Membuat Buku Flanel Busy Book/ Quiet Book Tanpa Ribet

10 Ide dan Tutorial Membuat Buku Flanel Busy Book / Quiet Book Tanpa Ribet. Jika kamu seorang ibu super sibuk yang butuh ide dan tutorial membuat buku flanel busy book/ quiet book untuk anak balita, ada baiknya mengintip tulisan ini sejenak. Saya akan sharing tentang pengalaman saya membuat diy buku flanel dengan bahan sederhana dan tanpa mesin jahit. Yup, hanya pakai lem!

10 Ide dan Tutorial Membuat Buku Flanel Busy Book/ Quiet Book Tanpa Ribet

Memang sih, ada yang pakai jahit-menjahit manual di beberapa bagian. Tapi itu tidak terlalu banyak.

Saya kenal buku flanel edukasi ini dari kakak saya yang memang pengrajin flanel. Dia menyebutnya buku bayi, karena buku ini cocok untuk bayi atau balita yang belajar memegang buku. Jika buku dari kertas khawatirnya bakal disobek atau termakan. Nah, dengan buku flanel, masalah itu bisa teratasi.

Apa itu Busy Book/ Quiet Book?

Beberapa tahun kemudian saya baru tahu kalau nama buku ini adalah Busy Book / Quiet Book / Soft Book. Bahannya pun nggak melulu dari flanel. Bisa juga memakai kain katun motif yang lucu, kain jeans, belacu, atau kain dengan tekstur lainnya. Pemakaian jenis kain yang bervariasi bisa memberi stimulus sensorik terutama indera peraba si Kecil.

Semakin variarif aktivitas yang ada di dalam buku edukasi flanel, makin mahal harganya. Tak salah memang, karena pembuatan buku ini membutuhkan waktu yang terbilang lama, dilakukan secara handmade dengan ketelitian dan kejelian yang tinggi.

Saya sendiri akhirnya tertantang untuk membuat busy book ini. Meski skill menjahit tangan saya sangat minim. Cuma bisa tusuk jelujur dan tikam jejak saja.

Saya juga tak memiliki mesin jahit, sehingga pembuatan busy book/ buku bayi flanel ini saya lakukan dengan skill terbatas dan instan. Yup, sedikit menjahit dan kebanyakan pakai lem tembak atau lem UHU saja!!

Berapa lama pembuatan buku flanel busy book ini?

Saya mulai membeli bahan dan alat sekitar bulan Juli 2017 untuk dua busy book. Dan hingga bulan Februari 2018, saya masih bikin juga. Wow, hampir setahun…!

Memang saya aja yang malas-malasan bikinnya. Kalau lagi mood banget, sehari bisa langsung 2 topik (sekitar 2-4 halaman). Tapi kalau nggak mood, bisa sampe 6 bulan tuh flanel-flanelnya menganggur tak tersentuh. Kadang untuk inspirasi saya cari ide di pinterest. Banyak ide-ide keren di sana.

Dalam perjalanannya, saya membuat tanpa target harus jadi kapan. Saya lebih banyak berdiskusi dengan anak saya. Biasanya anak yang punya ide, lalu saya yang mengembangkan ide itu dan membuat konsepnya di kertas (corat-coret dulu lah). Kalau sudah final, barulah membuat pola di karton dan menjiplaknya.

12 Ide dan Tutorial Membuat Buku Flanel Busy Book/ Quiet Book Tanpa Ribet (Pakai Lem dan Minim Jahitan)

1. Balon Udara


Halaman ini merupakan sampul busy book yang saya buat untuk si Sulung. Balon udara bisa dinaik-turunkan dengan jalan yang dibuat dari pita. Tutorial di Pola Buku Flanel Busy Book: Balon Udara

2. ‎Anyaman Pita / Simple Weaving


Halaman ini dibuat dengan melekatkan potongan pita warna-warni secara horizontal dan vertikal.
Nantinya bisa dianyam menjadi motif. Lihat tutorial membuat buku flanel busy book anyaman di Pola Buku Flanel Busy Book: Anyaman

3. ‎Jagung


Jagung ini merupakan salah satu favorit kedua anak saya. Dibuat dari perca motif polkadot yang menyerupai jagung dan diberi velcro di baliknya.

Sementara di bagian kulitnya diberi resleting yang bisa dibuka dan ditutup. Oh ya, untuk resleting sebaiknya dijahit saja agar lebih awet. Cek cara membuatnya di postingan Pola Flanel Busy Book Jagung untuk Balita

4. ‎Sempoa Manik / Abacus


Alat berhitung ini dibuat dari monte aneka jenis. Jumlah totalnya 10 baris dengan 10 monte tiap barisnya. Totalnya ada 100.
Belajar berhitung makin asyik dengan sempoa ini. Simak tutorialnya di Membuat Halaman Sempoa untuk Busy Book Buku Flanel

5. ‎Memasak Sayur


Anak perempuan kadang ingin meniru ibunya memasak. Makanya saat saya buat halaman ini, anak saya sangat senang. Ia pun bisa pura-pura merebus kuah, menyalakan kompor, memasukkan sayuran, dan menurunkan panci untuk menghidangkan masakan. Seru! Yuk, lihat cara membuatnya di Pola Halaman Busy Book dari Flanel: Memasak Sayuran

6. ‎Panen Jeruk


Salah satu yang menjadi favorit kami. Sampai lecek banget, dan buah jeruknya sempat ada yang hilang saat dimainkan.
Anak bisa belajar memasang kancing ceplis dan memetik jeruk untuk ditaruh keranjang. Tutorial membuat buku flanel busy book ini bisa dilihat di Pola Buku Flanel Panen Jeruk

7. ‎Mobil Balon


Aneka balon warna-warni ini juga bisa menjadi alat manipulasi untuk melatik motorik anak.
Warnanya yang cerah sangat eye catching dan bikin anak enjoy memainkannya berulang-ulang.
Setiap warna kancing disesuaikan dengan warna balonnya. Sehingga sambil bermain, anak juga belajar warna.

Lihat cara membuat busy book flanel mobil dan balon.

8. ‎Memberi Makan Ikan


Ini ide si Sulung yang ingin dibuatkan halaman untuk memberi makan ikan.

Ikan ini diberi velcro sehingga bisa dilepas. Lalu ada tali dengan monte yang diibaratkan makanan ikan. Setiap tali ditarik, makanan masuk mulut. Lalu resleting di mulut ikan bisa ditutup.

Ikan dibuat dari flanel dengan ekor pita. Nggak mirip ikan, sih. Tapi memang nggak harus bikin yang bagus banget. Bukankah imajinasi anak sebenarnya luar biasa?

Cek cara membuatnya di Pola Busy Book Ikan dari Flanel (Pakai Lem/ No Sew)

9. ‎Bunga Diguyur Hujan


Bunga-bunga ini bisa dipasang dengan kancing. Sambil bermain, bisa dijelaskan juga manfaat hujan untuk tanaman. Cek caranya di Pola Buku Flanel Bunga

10. ‎Desa dan Kota


Halaman ini tidak bisa dilepas. Tapi keseluruhannya merupakan peta dengan jalan-jalan, gunung, rumah, gedung, lalu lintas.
Bisa dimainkan dengan boneka kecil (anak saya pakai kancing) atau mobil-mobilan seukuran hot wheels. Cara membuatnya ada di postingan Pola dan Tutorial: Peta Mini Desa Kota untuk Buku Flanel

Demikian 10 Ide dan Tutorial Membuat Buku Flanel Busy Book/ Quiet Book Tanpa Ribet  yang bisa dibuat sendiri di rumah. Saya sendiri masih belum terpikir akan jadi berapa halaman. Semakin saya memikirkan busy book ini, semakin banyak yang ingin saya buat. Wah, semoga ada waktu untuk menyelesaikannya.

Happy crafting

Nisa

 

Artikel lain:

15 Inspirasi Rajut Bunga Crochet dan Pola Gratis

Kompilasi Crochet: Sarung Bantal Cantik dan Pola Gratis

20 Pola Crochet Gratis Sepatu Bayi

5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *